KEPRIBADIAN SEKRETARIS
Pembukaan
Tidak
berlebihan jika banyak pihak mengatakan bahwa keberadaan dan peran sekretaris
menjadi tumpuan keberhasilan seorang pimpinan dalam menjalankan fungsi
manajerialnya.Bahkan peran sekretaris menjadi salah satu faktor penentu bagi
produktivitas perusahaan.Dengan demikian,pengembangan diri sekretaris menjadi
tuntutan dan kebutuhan yang terus-menerus dan berkesinambungan menuju
sekretaris yang professional.Upaya pengembangan sekretaris tidak hanya
menyangkut pengembangan dan peningkatan kompetensi sekretaris berkaitan dengan
penguasaan pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi juga harus menyangkut
kepribadian dan sikap mental.
Kepribadian Sekretaris
Profesional
Kepribadian
sering diidentikan dengan identitas seseorang, baik yang menyangkut
watak,sifat,perbuatan atau tindakan yang merupakan usaha seseorang
mengaktualisasikan jati dirinya.Kepribadian sekretaris penting dibangun dan
dikembangkan terus-menerus guna membangun profesionalisme seorang
sekretaris.Kepribadian sekretaris professional dapat dikembangkan dari berbagai
segi yang mencakup hal-hal berikut ini.
1. Mengenal dirinya dengan baik
1. Mengenal dirinya dengan baik
Untuk mengenal dirinya dengan baik, sekretaris harus jujurdalam
menilai diri sendiri.Misalnya dalam menjawab pertanyaan seperti : “Apakah Anda
dapat dipercaya pimpinan dan rekan kerja Anda? ”Mengenal diri sendiri dengan
baik berarti mau menerima kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya,dan
berusaha untuk menyempurnakan kekurangan tersebut serta meningkatkan kelebihan
yang ada pada dirinya.Hal ini membawa sekretaris untuk berfikir optimis,positif
dan menghargai orang lain.
Untuk mengenal diri dengan baik dan mengembangkannya dengan positif, sekretaris tidak boleh membiarkan kekurangan mendominasi dirinya.
Untuk mengenal diri dengan baik dan mengembangkannya dengan positif, sekretaris tidak boleh membiarkan kekurangan mendominasi dirinya.
ada
hal-hal yang perlu dilakukan seperti berikut ini:
Ø
Menciptakan
kepribadian yang lebih menarik dalam melaksanakan tugas sekretaris.
Ø
Mencari kelebihan
yang terpendam dalam diri.
Ø
Menghilangkan
kebiasaan buruk yang ada dalam diri.
Ø
Terbuka dengan
rekan kerja Anda.
Ø
Jangan merusak
diri sendiri dengan ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan
Dengan adanya pengenalan diri,
sekretaris akan selalu membandingkan pekerjaan yang dicapai dirinya sendiri dengan
perkembangan perusahaan.
2. Siap untuk menerima kritik
Seorang sekretaris harus terbuka menerima kritik dengan
baik dari pimpinan maupun rekan kerja. Kita tidak boleh menganggap sepele
kritik tersebut, namun kita harus kritis terhadap kritik yang diajukan untuk
kita dan tidak boleh menanggapi kritik dengan arogan dan tergesa-gesa.
Ada
beberapa kiat menerima kritik:
ü
Jangan bersikap
reaktif terhadap kritik yang kita terima
ü
Mintalah saran
atau nasihat dari orang lain
ü
Harus tenang dan
jujur mengakui
ü
Mau belajar dari
kesalahan yang dibuat
ü
Penuh perhatian
kepada pimpinan dan rekan lainnya
ü Bersikap terbuka
Pola Pikir Sekretaris Profesional
1
Berfikir positif
Berfikir positif merupakan cara pandang seseorang terhadap
berbagai masalah dengan kacamata positif sehingga menghasilkan sesuatu yang
positif pula.Sekretaris harus memiliki cara berpikir yang positif karena
sekretaris merupakan orang yang terdekat dengan pimpinan dan berhadapan dengan
pihak luar, termasuk relasi.
Beberapa
contoh perbandingan sekretaris yang mampu berpikir positif dan negatif.
Pikiran
Negatif =>
a)
Pimpinan tidak
menyukai saya
b)
Saya gagal
melakukan tugas
c)
Saya takut
terlalu muda untuk memimpin rapat.
Pikiran
Positif =>
a)
Saya akan
berusaha semaksimal mukin agar pimpinanmengetahui potensi saya
dan menyukai
saya karena kemampuan saya.
saya karena kemampuan saya.
b)
Saya gagal tetapi
saya akan mencoba lagi.
c)
Saya memang masih
muda dan belum berpengalaman tapi saya akan berusaha keras untuk memimpin
rapat.
2. Berfikir konstruktif
Berfikir konstruktir berarti membangun kesadaran yang bersifat
membina, membangun, dan memperbaiki, sehingga kita tidak tenggelam dalam
kepesimisan dan ketakutan yang tidak beralasan.
Contoh
berikut ini untuk mengembangkan berfikir konstruktif.
Berfikir
Negatif =>
ü
Saya akan bekerja
semaksimal mungkin
ü
Saya gagal tetapi
akan saya mencoba lagi .
Berfikir
PositiF =>
ü Untuk bekerja maksimal saya harus mencari metode baru
untuk melakukan tugas.
ü
Saya akan mencari
usaha agar saya tidak gagal.
Dengan
berfikir konstruktif, kita tidak terjebak dengan hal-hal yang sama namun
senantiasa memikirkan bagaimana saya mampu menghasilkan karya yang terbaik.
3 Berfikir efektif
Berfikir efektif berarti cara pandang seseorang
untuk mencapai suatu tujuan melalui kecakapan yang dimilikinya.Sekretaris harus
memiliki cara pandang yang mengarah pada pencapaian tujuan dengan pemikiran
yang praktis dan sistematis.
Prilaku Sekretaris Profesional
Prilaku Sekretaris Profesional
1
Pola bekerja yang efesien
Bekerja secara efesien berarti mengembangkan cara kerja yang sederhana
dan cepat,menghemat biaya dan tenaga, serta menggunakan sarana yang dapat
mempercepat pelaksanaan tugas.Pola kerja efisien senantiasa memikirkan dan
berdasarkan pertimbangan bagaimana melakukan tugas dengan cara termudah,cara
paling ringan, paling cepat,dan paling murah.
2 Membangun hubungan baik dengan berbagai pihak
2 Membangun hubungan baik dengan berbagai pihak
Salah satu ciri sekretaris profesional adalah sekretaris mampu
membuka diri dan membina hubungan yang baik dengan berbagai pihak.Membina
hubungan dengan pimpinan perlu dilakukan karena sekretaris merupakan orang yang
paling dekat dengan pimpinan dan harus slalu siap membantu.Secara umum hal-hal
yang harus diperhatikan untuk mengembangkan pola hubungan yang baik dengan
berbagai pihak meliputi berikut ini.
Ø
Kemampuan
memberikan perhatian
Ø
Kemampuan
berbicara jelas dan langsung pada tujuan
Ø
Menampakan wajah
yang ramah
Ø
Kemampuan
bersikap terus terang
Ø
Kemampuan
memahami orang lain
Ø Terbuka dengan kritik
Ø Memiliki daya tanggap yang baik
Ø Mampu menjaga rahasia
Ø Menampakkan perasaan yang tulus
Ø Kemampuan
menjadi pendengar yang baik
PENAMPILAN SEKRETARIS PROFESIONAL
Penampilan seorang sekretaris mencerminkan seberapa potensialnya
pekerjaan yang dikerjakannya karena sekretaris pasti akan bertemu muka dengan
calon klien dan akan menemani pimpinan dalam mengerjakan bisnis.
Beberapa
faktor yang mencerminkan penampilan sekretaris adalah:
ü Pembawaan lahir
ü Kesehatan mental dan fisik
ü Kebersihan pribadi
ü Latar belakang ekonomi sosial budaya
ü Sekretaris yang bangga akan pekerjaannya dan ingin
perusahaan tempat ia bekerja sukses maka cara berpakaiannya pun harus
menciptakan kesan yang menyenangkan dan tepat pada tempat, waktu dan suasana.
Beberapa
contoh pekerjaan serta pakaian kerja yang cocok adalah sebagai berikut
Ø Public Relation.Dandanan yang ceria dan lebih modis
karena akan menciptakan kesan yang konservatif
Ø Biro Iklan. Blazer merupakan pakaian yang paling tepat
untuk mengimbangi rekan pria dengan pakaian berdasi.
Ø Retail Sales. Bisa berpakaian lebih casual,lebih
mengikuti trend tetapi dengan dandan yang tidak berlebihan dan mencolok.
Ø Bank,Kantor Hukum,Asuransi. Setelan dengan rok selutut
atau dibawah lutut dengan warna yang konservatif merupakan pilihan yang
cocok.Ditambah dengan tatanan rambut rapid an rias wajah yang wajar.
Untuk penghematan
dalam memilih pakaian kerja ada 13 petunjuk dalam perencanaan koleksi
pakaian,yaitu:
- Jangan percaya pada “Jatuh cinta pada pandangan pertama”
- Jangan memilih pakaian jadi dengan warna apa saja.
- Belilah pertama-tama pakaian yang utama
- Rencanakan untuk mengadakan perubahan pakaian
- Kembangkan satu warna dasar tiap pakaian,lebih bagus warna gelap atau warna netral
- Hindari membeli barang imitasi dan murah
- Belilah aksesori yang bagus saja
- Cobalah lebih dahulu
- Pahami harga
- Hati-hati dengan barang yang “high style” pilihlah barang klasik
- Batasi warna yang cemerlang
KARAKTER SEKRETARIS PROFESIONAL
Selain penampilan, ketrampilan berkarakter perlu dikuasai seorang sekretaris
professional.Hal ini berguna untuk mengetahui bebera[a sifat,pimpinan
menghendaki sekretarisnya memiliki suatu sifat,yakni:
- Semangat besar (Enthusiasm)
- Loyalitas
Berarti sekretaris bertindak seolah-olah benar-benar mempercayai perusahaannya.
- Inisiatif
- Dapat dipercaya (Reability)
- Kecakapan berorganisasi
- Kestabilan emosi
- Kerahasiaan (Confidential)
- Pentingnya produltifitas (Importance of Productivity)
- Penyesuaian diri dengan perubahan
- Mengevaluasi diri sendiri
KUALIFIKASI PERORANGAN SEKRETARIS PROFESIONAL
- Semangat besar (Enthusiasm)
- Loyalitas
Berarti sekretaris bertindak seolah-olah benar-benar mempercayai perusahaannya.
- Inisiatif
- Dapat dipercaya (Reability)
- Kecakapan berorganisasi
- Kestabilan emosi
- Kerahasiaan (Confidential)
- Pentingnya produltifitas (Importance of Productivity)
- Penyesuaian diri dengan perubahan
- Mengevaluasi diri sendiri
KUALIFIKASI PERORANGAN SEKRETARIS PROFESIONAL
Pernah dengar betapa berharganya seorang sekretaris bagi pimpinan ? Ini karena sekretaris sangat mengetahui sifat-sifat,kelebihan serta kekurangan sekretaris.
Ini juga yang menyebabkan betapa pentingnya sosok sekretaris bagi
pimpinan:
- Seorang sekretaris bahus bijaksana (tactful)
- Sekretaris harus memiliki sikap bisa mengantisipasi
- Sekretaris harus memiliki sikap “follow through”
- Sekretaris harus tau bagaimana merencanakan pekerjaannya
- Harus dapat diandalkan dan dipercaya (Dependable)
- Harus mencerminkan tujuan dan kebijaksanaan perusahaan
- Harus dapat menyimpan rahasia (Must be keep a secret)
- Sekretaris harus tampak paling baik
- Harus tahu bagaimana caranya bicara yang baik
- Harus bisa menghemat biaya
- Harus memiliki bermacam-macam minat
- Harus menjadi seorang yang tulus dan iklas
- Harus memiliki pemikiran sendiri
- Harus memiliki rasa menghargai
0 komentar:
Posting Komentar