Peranan Sekretaris dalam sebuah kantor
Sekretaris
memegang peranan yang penting dan dapat menentukan berhasil tidaknya tujuan
perusahaan atau sebuah kantor. Pentingnya peranan seorang sekretaris ini
tentunya sesuai dengan jabatan sekretaris pada masing-masing organisasi atau
kantor. Peranan sekretaris secara umum dapat diketahui sebagai berikut
Peranan
sekretaris terhadap atasan
Berkaitan
dengan peranan sekretaris terhadap atasan, dapat dikategorikan ke dalam
beberapa hal sebagai berikut:
1. Sebagai
perantara saluran komunikasi dan pembinaan hubungan yang baik bagi orang yang
ingin berhubungan dengan pimpinan atau atasan.
2. Sebagai
sumber informasi yang diperlukan pimpinan atau atasan dalam memenuhi fungsi,
tugas dan tanggung jawab.
3. Sebagai
penyambung keinginan pimpinan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas.
4. Alternatif
pemikiran dari pimpinan dalam ide-ide
5. Sebagai
faktor penunjang dalam keberhasilan pekerjaan dan cerminan pimpinan dan
bawahan.
Peranan
sekretaris terhadap bawahan
Selain peranan
sekretaris terhadap atasan, tak dapat dipungkiri bahwa sekretaris juga memiliki
peranan yang tak kalah penting terhadap bawahan. Hal tersebut dapat
dikategorikan sebagai berikut:
1. Sekretaris
berperan dalam penentuan kebijakan yang berlaku bagi pegawai bawahan secara
adil, yaitu mengenai peraturan penempatan pegawai sesuai dengan
kecakapan dan kemmapuan pegawai tersebut.
2. Memberikan
motivasi kerja kepada pegawai bawahan sehingga pekerjaan dapat berjalan lancar
dan berhasil dengan baik.
3. Memberikan
rasa bangga dan puas kepada pegawai bawahan dalam menjalankan pekerjaan.
4. Menerima
pendapat dan usul bawahan dalam berbagai masalah.
5. Mengadakan
pendekatan kepada pegawai bawahan untuk lebih mengetahui dan memahami kehendak
pegawai bawahan.
Peranan sekretaris terhadap bawahan merupakan penilaian dari bawahan sehingga sikap dan tingkah laku sekretaris akan berpengaruh terhadap pekerjaan pegawai bawahan. Bagi sekretaris yang ramah dan komunikatif akan memberikan suasana hubuungan kerja yang baik bagi bawahan sehingga segala permasalahan dapat didiskusikan dan dicari cara penyelesaiannya.
Berkaitan
dengan peranan sekretaris dalam menjalankan tugas dan fungsi jabatannya, hal
yang sangat penting adalah mengenai pendekatan yang dapat dilakukan oleh
seorang sekretaris. Beberapa cara seorang sekretaris dalam mengadakan
pendekatan kepada pegawai bawahan, yaitu
1. Memberi
perintah atau instruksi kepada bawahan secara resmi, baik secara lisan maupun
tertulis.
2. Mengadakan rapat atau pertemuan secara bersama-sama pada suatu waktu tertentu dengan pegawai bawahan.
2. Mengadakan rapat atau pertemuan secara bersama-sama pada suatu waktu tertentu dengan pegawai bawahan.
3.
Mengadakan pengawasan secara langsung pada saat-saat tertentu kepada pegawai
bawahan yang sedang melaksanakan tugasnya, yaitu pengawasan yang bersifat
positif. Bila terjadi kesalahan diberi petunjuk dan pembinaan.
4.
Mengadakan hubungan yang bersifat informal terhadap pegawai bawahan agar
mendapat dukungan moril dalam pelaksanaan perkejaannya.
Peranan
sekretaris dalam melakukan pendekatan terhadap bawahan sangat penting. Peranan
sekretaris terhadap bawahan ataupun yang lainnya biasanya dikenal dengan
istilah hubungan antar manusia atau lebih dikenal dengan istilah ”human
relations”.
Human
relation memiliki peranan yang penting dalam memecahkan berbagai masalah yang
menyangkut faktor manusia dalam organisasi. Benturan psikologis dan konflik
antara kepentingan pribadi dengan kepentingan organisasi sering terjadi, bukan
saja antara pimpinan dengan karyawan, tetapi juga antara karyawan dengan
karyawan, yang dapat mengganggu kelancaran organisasi dalam mencapai tujuan.
bons casino 2021 - Best online slots in Canada
BalasHapusbons 퍼스트 카지노 casino 2021. Check out our review of bons casino in play-throughs, bonuses and promotions! It's all here ボンズ カジノ at 온카지노 bonjapan.com, and